Prop2GO

We've something nice for you
Please wait...

Atap Rumah Cekung Ini Jadi Solusi Tepat Untuk Negara Beriklim Kering

Atap Rumah Cekung Ini Jadi Solusi Tepat Untuk Negara Beriklim Kering

Prop2GO News - Kelangkaan air semakin hari semakin terasa secara merata di seluruh dunia. Bahkan, ada beberapa daerah yang krisis airnya lebih parah, terutama di wilayah gersang, di mana pengumpulan air hujan lebih rumit karena tingginya tingkat rata-rata penguapan dan rendahnya curah hujan tahunan.

Untuk itu, perusahaan arsitek yang berbasis di Iran, BMDesign Studios memberikansolusi atas permasalahan tersebut dengan merancang sebuah atap ganda yang disebut Concave Roof atau atap cekung. Model atap dirancang guna mengumpulkan dan menyimpan air hujan, sehingga menjadikannya sebagai pendingin alami.

Sistem atap ganda bagian kubah bawah berfungsi sebagai area penampung air berbentuk mangkuk, dirancang untuk membantu hujan mengalir ke atap. "Pada akhirnya air hujan akan menyatu menjadi lebih besar, tepat untuk dimanfaatkan sebelum akhirnya mereka (air yang terkumpul) menguap," kata arsitek sebagaimana dilansir dari laman inhabitat, Rabu (4/1/2017).

Susunan atapnya terbagi dua. Pertama, atap berbentuk cekung, kedua, berbentuk cembung. Atap berbentuk cekung berada di atas atap cembung guna menjadikannya sebagai pendinginan alami melalui warna dan gerakan angin antara dua atap ini.

Area tempat berkumpulnya air berbentuk mangkuk curam miring untuk mengalirkan tetesan air hujan menuju pusat pengumpulan, di mana hujan disalurkan ke waduk. Waduk ditempatkan di antara dinding bangunan untuk membantu mengatur suhu ruangan. Dengan sistem ini, arsitek memperkirakan 28 meter kubik (m3) air dapat dimanfaatkan dengan hanya permukaan atap berbentuk cekung seluas 923 meter persegi.

  • Share