Prop2GO

We've something nice for you
Please wait...

Arconic, Gedung 4.828 Meter yang Bisa 'Telan' Asap

Arconic, Gedung 4.828 Meter yang Bisa 'Telan' Asap

Prop2GO News - Salah satu perusahaan manufaktur dunia telah merancang sebuah bangunan futuristik hingga 45 tahun ke depan. Adalah Arconic yang berencana membangun sebuah gedung pencakar langit setinggi tiga mil atau setara 4.828 meter.

Bahan-bahan bangunannya terbilang tidak biasa. Soalnya bagian permukaan gedung ini nantinya mampu menelan alias memusnahkan asap dan balkon yang bisa didorong keluar dan ditarik masuk.

Dilansir dari laman Business Insider, Jumat (13/1/2016), salah seorang ilmuwan dari bahan utama Arconic, Sherri McCleary mengatakan salah satu bahan utama proyek paling menarik adalah EcoClean, sebuah lapisan khusus yang membantu bangunan membersihkan diri sendir dan memurnikan udara di sekitarnya. Ini pertama kali dirilis pada 2011 dan menawarkan sejumlah manfaat lebih dari panel jendela kaca tradisional.

"Lapisan fungsional memberikan estetika, memberikan manfaat pemeliharaan, dan juga memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya dengan mengurangi kandungan polutan di sekitarnya," katanya.

EcoClean bekerja dengan bantuan dari uap cahaya dan air, yang bercampur dengan bahan kimia di lapisan untuk menghasilkan atom radikal bebas. Radikal-radikal bebas ini menarik polutan dari udara dan istirahat menghancurkan mereka untuk mendapatkan sisi bangunan terkelupas bersama kotoran dan debu, hampir mirip seperti kulit mati. Hasil akhirnya adalah sebuah bangunan bersih dikelilingi oleh udara bersih.

Inovasi lainnya adalah berada pada jendela bangunan itu sendiri. Desain baru jendela ini disebut Bloomframe. Pada dasarnya, jendela bisa berkonversi dari jendela menjadi semuanya berbentuk kaca dalam kurun waktu di bawah satu menit.

"Arconic telah menampilkan teknologi di pameran perdagangan di seluruh dunia dan akan memukul pasar dalam waktu dekat," kata seorang juru bicara perusahaan.

Daripada menghabiskan uang dua kali hanya untuk bahan dalam membangun jendela, Arconic berinvestasi dalam komponen fleksibel yang bisa membuat bangunan lebih dari sekadar bangunan raksasa. Beberapa desain futuristik lainnya termasuk mobil terbang, badan mobil ultra ringan, dan sayap pesawat aerodinamis.

Sementara itu, bangunan terus bekerja untuk menembus batas-batas dari pencakar langit modern. Berkat hasil cetak 3D, McCleary mengatakan banyak struktur yang saat ini tidak layak bisa menahan angin kencang dan iklim yang unik.

"Kami sedang mengoptimalkan bahan yang dapat dicetak secara 3D untuk memberikan lebih banyak pilihan dan lebih untuk desainer dan arsitek," katanya.

  • Share