Cari Properti Idaman Anda

Berita

Rusia Bangun Gedung Tertinggi di Moskow
01
Sep

Para pejabat Moskow telah menyetujui pembangunan gedung baru yang akan menjadi tertinggi di ibu kota Rusia itu. Dengan ketinggian 404 meter, struktur yang belum diberi nama itu akan bergabung dalam jajaran gedung tinggi di distrik komersial Moscow City.

“Kita pada tahap akhir, tahap desain yang akan selesai pada November 2018. Konstruksi harus dimulai pada 2019,” kata arsitek Sergey Skuratov.

Gedung yang akan dibuka pada 2024 itu lebih tinggi dari gedung tertinggi di Moskow sekarang, Federation Tower, memiliki tinggi 373 meter di distrik yang sama.

Desainnya terdiri dari dua bagian utama. Bagian bawah, struktur setinggi 12 lantai dengan lebar 32 meter akan digunakan untuk pusat perbelanjaan, ruang kantor, dan fasilitas komersial lainnya. Adapun bagian atas akan digunakan untuk perumahan dengan 104 lantai.

 

Desain gedung juga memiliki dek observasi di ketinggian 399 meter dan satu helipad di bagian paling atas.

“Rencana gedung itu adalah lebar sama kaki 30 meter (trapesium), terpotong di satu sisi, menghadap Sungai Moskva. Sisi miring di bagian barat gedung mengikuti arah salah satu jalanan terdekat. Sisi lain vertikal dan mengarah ke pusat Moskow,” kata Skuratov.

Fasar didesain gradien dengan kaca putih dipasang di ruang horizontal antara jendela. “Ruang putih ini menyusut ke atas dan hilang pada lantai ke-80 yang memberi efek warna putih hilang. Di bawah, gedung pencakar langit cerah, tapi sepenuhnya gelap di atas,” ungkap Skuratov.

Moskow saat ini sudah dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit. Distrik Moscow City saat ini memiliki lima dari 10 gedung tertinggi di Eropa yang semuanya bisa disebut super tinggi mencapai 300 meter atau lebih.

Secara keseluruhan, lokasi itu termasuk dua puluh gedung yang telah selesai dibangun dengan sepuluh gedung lainnya sedang dalam pembangunan. Namun, ruang untuk gedung baru itu membuat kawasan tersebut kurang kohesi.

“Hampir semua, dalam pendapat saya, terlalu rumit dan tidak mempertimbangkan akumulasi besar dan pengaruhnya pada gedung lain. Sayangnya, di sana tidak ada komposisi umum atau ide awal,” ungkap Skuratov.

Distrik Federation Tower saat ini telah memiliki gelar gedung pencakar langit tertinggi di Eropa yang akan segera direbut Lakhta Center di St Petersburg dengan tinggi 462 meter dan selesai dibangun pada 2019.

Saat selesai dibangun, gedung baru di Moskow itu akan menjadi tertinggi kedua di Eropa, meski para arsitek menyatakan ruang yang bisa dimanfaatkan lebih tinggi, yakni 399 meter, lebih tinggi dibandingkan Lakhta Centre dengan bagian tak bisa dihuni di ketinggian 377 meter.

Bagikan Post ini:

Komentar