Cari Properti Idaman Anda

Berita

Pengusaha Ini Pernah Bangkrut di Bisnis Properti tapi Lihat Hasil Akhirnya

Bisnis properti merupakan salah satu peluang usaha dengan prospek menjanjikan. Masuk akal, mengingat permintaan masyarakat akan hunian yang nyaman semakin hari semakin tinggi, tidak hanya rumah pribadi, tapi juga kost, rumah kontrakan, apartemen, hotel, sampai pusat perbelanjaan.

Nah, Anda yang berminat untuk terjun di bidang usaha serupa, cerita inspiratif dari pengusaha properti top ini wajib dijadikan referensi seperti dikutip Orento.

 

1. Robert Budi Hartono

Mendengar nama besar Budi Hartono, Anda mungkin akan langsung teringat pada kejayaan perusahaan rokok Djarum. Nyatanya, pemilik 51% saham BCA ini juga mempunyai banyak properti mewah yang tersebar di antero Indonesia.

Grand Indonesia Shopping Town, Menara BCA, Hotel Indonesia Kempinski, WTC Mangga Dua, serta Padma Hotel Karawang merupakan beberapa properti hasil tangan dingin Budi Hartono.

Di balik kesuksesannya, tak jarang beliau mengalami bangkrut dan kegagalan. Meski begitu beliau tak pernah patah arang. Baginya, kunci sukses berbisnis (termasuk bisnis properti) terletak pada dua hal: semangat untuk terus berkembang dan pantang menyerah.

2. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja adalah salah satu pebisnis properti andal asal Indonesia. Pendiri Sinar Mas Group ini tercatat memiliki total kekayaan sebesar USD9 miliar berkat ketekunannya menggarap lebih dari 50 proyek properti, mulai dari perumahan, hotel, komplek kawasan industri, lapangan golf, pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kesuksesan pengusaha properti ini ternyata bukan tanpa rintangan. Bisnis yang dibangun pun selalu bangkrut, sampai akhirnya beliau berinisiatif untuk memulai usaha di bidang perkebunan, yang juga sempat surut karena kebijakan pemerintah kolonial Jepang waktu itu, lalu akhirnya berekspansi ke industri properti.

Namun, berkat ketekunan, kerja keras, dan semangat pantang menyerah, Eka Tjipta Widjaja berhasil menaklukkan segala tantangan bisnisnya. Beliau bahkan didapuk sebagai orang terkaya ketiga di Indonesia versi majalah Globe Asia 2008.

3. Chairul Tanjung

Barangkali Anda sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini. Pebisnis sukses yang juga mantan Menteri Koordinator Perekonomian ini merupakan pimpinan CT Corp, perusahaan properti kenamaan dengan sebaran proyek properti yang mengagumkan di berbagai wilayah Indonesia.

Chairul Tanjung sukses mengendalikan beragam bisnis ritel dan properti, di antaranya hotel, pusat perbelanjaan, dan superblok (Trans Park Cibubur dan Trans Park Juanda).

Tahun lalu, pria kelahiran 1962 ini bahkan berhasil menginisiasi kerja sama dengan AccorHotels, perusahaan properti asal Prancis, untuk membangun 30 hotel di Indonesia.

Berkali-kali gagal dalam membangun usaha rupanya tak sedikit pun menyurutkan semangatnya. Berbekal ketekunan, integritas, dan tekad yang kuat untuk meraih kesuksesan, Si Anak Singkong ini akhirnya berhasil mencapai apa yang diimpikannya. Tercatat kekayaan Chairul Tanjung saat ini sudah mencapai USD3,6 miliar.

Jika Anda ingin mulai belajar berbisnis properti, mulai saja dengan menyewakan unit yang Anda miliki, baik itu berupa kost, kontrakan, atau apartemen.

Pada dasarnya, kunci utama dalam menjalankan bisnis properti adalah ketekunan, tekad yang kuat, dan semangat pantang menyerah. Semoga menginspirasi!

Bagikan Post ini:

Komentar