Prop2GO

We've something nice for you
Please wait...

Via 57 West, Apartemen Unik Berbentuk "Segitiga"

Via 57 West, Apartemen Unik Berbentuk "Segitiga"

Prop2GO News - Gedung-gedung unik memang selalu menarik perhatian. Bentuknya yang tidak biasa menjadi daya tarik setiap orang yang melihatnya. Seperti gedung apartemen berbentuk segitiga lancip di tengah padatnya gedung pencakar langit di kota New York, AS.

Via 57 West, apartemen berbentuk tetrahedron atau segitiga karya Bjarke Ingels Group (BIG) di Manhattan. New York, Amerika Serikat (AS) bersiap menyambut kelompok pertama penyewanya bulan depan.

Kendati pembangunan apartemen belum rampung, pengembang menawarkan para penyewanya untuk sedikit mengintip apa saja yang ada di bangunan unik seluas 87.330 meter persegi tersebut.

Kerangka struktural apartemen selesai dibuat pada musim panas lalu dan pekerjaan interior akan dilanjutkan kembali dalam beberapa bulan ke depan.

Menurut sang pengembang, The Durst Organization, para penyewa diperkirakan mulai pindah ke unit-unit yang telah selesai pada Maret ini.

Berlokasi di 57th Street di sisi barat Manhattan, bangunan berselimut metal itu memiliki fitur fasad miring di bagian selatan dengan teras yang langsung menghadap ke Sungai Hudson.

Via 57 West memiliki sudut tertinggi ke arah timur laut setinggi 142 meter, sedangkan sudut kebalikannya mendekati tanah.

Bagian tengah bangunan dibuat BIG menjadi satu ruang kosong besar dan menempatkan sebuah halaman seluas 2.040 meter persegi pada dasarnya.

Atas dasar tersebut, BIG menyebut Via 57 West sebagai courtscraper yang merupakan gabungan dari 'courtyard' atau halaman dan 'skyscraper' yang berarti gedung pencakar langit.

Bangunan ini secara total menyediakan 709 unit dan beberapa fasilitas termasuk lapangan basket indoor, kolam renang, pusat kebugaran, dan ruang pemutaran film. Proyek ini juga memberikan ruang ritel seluas 4.180 meter persegi.

Unit apartemen yang disediakan mulai dari tipe studio hingga empat kamar tidur dengan rentang harga 2.700 dollar AS (Rp 36 juta) hingga 22 ribu dollar AS (Rp 293 juta) per bulannya.

Via 57 West juga menyediakan 142 unit yang kualifikasinya setara dengan rumah murah dengan biaya sewa bulanannya hanya 565 dollar AS atau sekitar Rp 7,5 juta.

Jika selesai, Via 57 West akan menjadi proyek BIG pertama di Amerika Utara. BIG yang merupakan firma arsitektur asal Denmark juga merancang Two World Center dan The Spiral di Manhattan serta sebuah kantor polisi di Bronx.

  • Share