Prop2GO

We've something nice for you
Please wait...

Capital Gate Tower, Bangunan TerEkstrim yang kalahkan kemiringan Menara Pisa

Capital Gate Tower, Bangunan TerEkstrim yang kalahkan kemiringan Menara Pisa
Prop2GO News - Kesohoran Menara Miring Pisa tersaingi dengan selesainya pembangunan gedung yang memiliki kemiringan yang lebih ekstrim dan lebih tinggi dari Menara Pisa. Nama gedung tersebut adalah Capital Gate Tower yang berlokasi  di kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Dibangun oleh Abu Dhabi National Exhibition Company, Capital Gate Tower memiliki ketinggian 160 meter dan berjumlah 35 lantai. Capital Gate digunakan untuk perkantoran dan hotel berbintang 5.
 
Capital Gate merupakan vocal point dari master development  kompleks Abu Dhabi National Exhibition Centre dan Capital Centre, sebuah kawasan terpadu mencakup 23 menara terdiri dari branded hotel, bangunan komersial, kompleks perumahan dan service apartemen dan dikembangkan menjadi mixed-use area. Fasilitas ini dibangun menghadap jalan raya perkotaan disepanjang pantai selatan-barat Abu Dhabi.Bentuk kurva miring berkelok menara secara tegas menggambarkan laut dan gurun, dua elemen yang merepresentasikan resonansi Abu Dhabi.
 
Bentuk bangunan dimaksudkan untuk mewakili spiral pusaran badai pasir khas daerah gurun, sementara kanopi melengkung sebagai "percikan," yang mengalir pada tribun sebelah dan naik pada satu sisi bangunan, menciptakan efek seperti gelombang, yang mencerminkan bangunan dekat dengan air dan kota warisan pelaut. sebuah pengintegrasian ikatan antara kebudayaan  tradisional dan modern yang merupakan karakteristik dari pendekatan pembangunan Abu Dhabi.
 
Ada beberapa inovasi dalam desain proyek, kemiringan 18 derajat yang ramping ke arah barat secara dramatis, yang telah mendapat gelar "menara termiring buatan manusia di dunia " dari Guinness book of world records. Ini adalah bangunan pertama di dunia yang menggunakan “pre-cambered core” yang dibuat ramping dengan pergerakan antar lantai diatasnya sejauh 300 milimeter sampai 1400 milimeter. dan juga merupakan bangunan pertama di dunia yang menggunakan “vertical post-tensioning core” untuk melawan pergerakan dan dukungan tegangan yang diakibatkan oleh pelat lantai.
 
Bentuk dasar Capital Gate tidak hanya ramping, tetapi juga berbentuk corong yang melebar seperti spiral yang bengkok. Gerakan ini menciptakan sculpture dramatis yang diungkapkan dalam bentuk arsitektur. Glazur fasade menekankan unsur-unsur organik dengan diagonal spiral disepanjang diagrid struktural. Pola tenun lebih lanjut dipecah oleh panel panel kaca pada jala kompleks yang membungkus seluruh bangunan. Selimut fasade  ini terputus pada dua pintu masuk di lantai dasar, jembatan ke tempat parkir mobil, dan teras di bagian atas "percikan."

Besarnya kekuatan monumental Gerbang Capital diperlembut oleh sun shading "percikan" pada fasade selatan. Metal screen bertautan di bagian bawah menara menambah kompleksitas keseluruhan bentuk untuk memperlihatkan perbedaan fungsi  menara, yaitu kantor di bagian bawah dan hotel di bagian atas.
Lobby hotel terletak di bagian atas “percikan” di lantai 18, di mana pengunjung dapat melihat panorama Abu Dhabi. lobby lounge merupakan ruang dengan ketinggian ganda setinggi 8 meter dan berbentuk kantilever diluar diagrid menara, memberikan suasana dramatis bagi para tamu yang datang. Restoran yang terletak di lantai ini juga ruang ganda yang dramatis diposisikan dimana bentuk menara bersandar di sudut curam.

Keunikan bentuk Capital Gate ini adalah pada bagian atas menara melebar untuk menciptakan sebuah atrium di lantai lantai kamar tamu hotel. Ruang ini mungkin merupakan hal yang paling mengejutkan yang ditemui para pengunjung didalam gedung. Atrium berbentuk corong dan muncul mengukir bentuk solid disekitarnya berupa spiral dan menekuk pada menara. Hal ini juga diekspresikan dengan struktur diagrid, menginformasikan sebuah bentuk organik. Sementara secara proporsi vertikal, atrium sangat intim. Cahaya turun dari skylight besar diatas untuk menciptakan lingkungan yang menentramkan.

Struktur dasar Capital Gate merupakan vertical concrete core yang dikelilingi oleh diagrid baja yang merefleksikan bentuk eksternal dari menara. Balok baja merentang antara keduanya, menopang dek logam dan pelat beton lantai komposit. Pada lantai 18 ke atas, atrium dibentuk dengan diagrid baja internal yang melekat pada inti. Girder baja merentang langsung antara diagrid eksternal dan diagrid internal, menciptakan ruang bebas kolom dengan rentang sekitar 12 meter.
 
Bagian atas menara menggunakan double glass untuk mengurangi panas matahari di tingkat hotel. Modifikasi double facade untuk  mendaur ulang udara interior dari kamar tamu ke dalam rongga fasade. menciptakan penyangga isolasi antara udara panas luar dan udara dingin di dalam. Udara kembali digunakan di ruangan daripada dibuang dan diganti dengan udara luar.
 
 
  • Share