Prop2GO

We've something nice for you
Please wait...

Inspirasi Ciptakan Fasad Menarik Untuk Rumah Anda

Inspirasi Ciptakan Fasad Menarik Untuk Rumah Anda

Prop2GO News - Fasade merupakan bagian suatu sisi luas sebuah bangunan. Umumnya, bagian suatu sisi yang dimaksud adalah bagian depan. Namun terkadang bagian samping dan belakang bangunan masih dikatakan sebagai fasade.

Fasade dalam arsitektur sering kali menjadi hal yang penting dan menunjukkan sudut pandang sebuah desain. Alasannya, karena fasade dapat memberikan suasana pada bagian-bagian bangunan lainnya.

Secara bahasa, fasad berasal dari bahasa Prancis yakni facade. Kata tersebut memiliki arti “depan” atau “muka”.

Karena penempatannya berada di bagian depan, fasad sebisa mungkin haruslah dibuat dengan nilai estetika yang tinggi. Fasad setidaknya memiliki dua fungsi yang baik terhadap sebuah bangunan. Fungsi pertama adalah sebagai daya tarik orang lain.

Maksudnya, orang lain yang mungkin tidak mengenal dengan Anda, setelah melihat fasade rumah Anda, mereka akan tertarik untuk kenal dengan Anda. Kira-kira pertanyaan dalam benak mereka adalah, “Seperti apa ya kira-kira pemilik rumah tersebut?”

Atau mungkin, untuk bangunan komersil, fasad juga harus memberikan kesan penasaran. Agar orang yang melewati toko tersebut melirik dan menimbulkan banyak tanya, “Barang apa sih yang dijual di sana?”

Fungsi kedua adalah bisa meningkatkan nilai jual sebuah bangunan. Bila fasad rumah Anda tidak asal-asalan, tidak menutup kemungkinan bisa meningkatkan nilai jual properti Anda. Tentu saja, karena rumah Anda akan tampak berbeda dan menarik.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, perkembangan arsitektur dan desain tentu tidak akan pernah ada habisnya. Contoh rumah digambar ini memiliki fasad yang memadukan konsep rumah tradisional dan rumah modern.

Keuntungan bentuk fasad seperti kerah kemeja ini sebenarnya memiliki tujuan untuk mengalirkan air hujan agar tidak menggenang di atap. Salah satu material yang kerap digunakan adalah kaca. Uniknya, material kaca tidak lagi hanya sekedar untuk jendela.

Tetapi juga sebagai jembatan visual antara ruang luar dan dalam bangunan. Maka tidak heran bila toko-toko berkelas selalu menggunakan kaca pada fasad mereka.

Namun, seiring perkembangan zaman, material kaca untuk fasad bangunan tidak tertutup juga untuk rumah.

Artinya, baik bangunan maupun rumah sah-sah saja untuk berlomba membuat fasade semenarik mungkin.

  • Share