Prop2GO

We've something nice for you
Please wait...

Bangunan Sensasional Nan Cerdas Dari Belanda

Bangunan Sensasional Nan Cerdas Dari Belanda

Prop2GO News - Bukan hanya tersohor dengan bunga tulip dan kincir anginnya, Belanda ternyata juga memiliki bangunan sensasional. Gedung menjadi bernama The Edge ini baru saja diberi penghargaan ‘The Smartest Building in The World ‘ oleh Building Research Establishment Environmental Assessment Methodology (BREEAM).

BREEAM merupakan sebuah metode peringkat penilaian lingkungan sistem terkemuka di dunia untuk bangunan yang telah beroperasi sejak 1990. The Edge—yang dikembangkan oleh OVG Real Estate, developer komersial Belanda—berhasil menggaet nilai tertinggi untuk sebuah gedung paling brilliant dari BREEAM, yakni 98,36%.

Gedung yang menjadi kantor pusat perusahaan Deloitte di Amsterdam tersebut diklaim sebagai salah satu bangunan paling cerdas dan paling berkelanjutan di dunia. Reputasi bangunan 40.000 m2 ini memang spesial dan menarik untuk dijadikan teladan bagi bangunan-bangunan lainnya. 

Bagaimana tidak? The Edge banyak menggunakan teknologi pintar yang inovatif dalam merealisasikan gedung masa kini.

Dalam pembangunannya, OVG banyak menyatukan pendapat para ahli guna mendapatkan bangunan yang tidak hanya menjadi patokan global, tapi juga memiliki prioritas terbaik dalam hal kenyamanan, kesehatan, dan produktivitas end user.

Ron Bakker, salah satu perancang The Edge dari London, mengatakan bangunan ini memiliki bentuk dan orientasi yang fokus pada penyesuaian iklim. Terlihat dari sebagian besar lantainya yang diatur di sekitar atrium dan menghadap ke utara agar dapat menyerap matahari secara maksimal pada siang hari.

Selain itu, gedung berlantai 15 ruang atrium ini memiliki penuh cahaya alami sehingga mampu memberikan dan aktivitas kontribusi maksimal bagi lingkungan kerja yang inspirasional dan estetik.

The Edge juga merupakan bangunan pertama yang menggunakan ethernet bertenaga LED yang terhubung dengan pencahayaan Philips. Adanya fungsi ini memungkinkan para karyawan memakai aplikasi pada smartphone mereka untuk mengatur iklim dan cahaya lebih di ruang kerja masing-masing.

Teknologi inovatif tersebut tidak hanya menghemat pengeluaran pada biaya energi, tetapi berfungsi pula sebagai sarana untuk memberikan informasi dan data tentang bagian bangunan yang sedang berjalan untuk mendorong efisiensi secara keseluruhan.

The Edge juga banyak menggunakan energi netral. Dalam hal ini, OVG bermitra dengan University of Amsterdam (UVA) dan Amsterdam University of Applied Sciences (HVA) serta menerapkan panel surya di atas atap gedung.

Bahkan, untuk bagian fasad sebelah selatan, bangunan ini dilengkapi panel surya pada semua permukaan. Selanjutnya, akuifer penyimpanan energi panas (sekitar 130 meter di bawah tanah) menghasilkan semua energi yang dibutuhkan untuk pemanasan dan pendinginan bangunan.

Keunikan lain The Edge adalah adanya fitur cerdas berupa sebuah aplikasi yang mengontrol jadwal harian penghuni dan bisa mencari tahu jenis ruang kerja penghuni, baik itu meja kerja, tempat duduk, ruang santai dan ruang pertemuan. Ada lagi fitur kamera yang dapat menganalisis pelat nomor kendaraan pekerja dan dapat membimbing ke tempat parkir. 

Coen van Oostrom dari OVG mengaku bangga dengan pencapaian The Edge sebagai gedung paling cerdas di dunia. The Edge telah berhasil menetapkan patokan baru untuk diadopsi orang lain. Ia juga terus mencari cara-cara baru untuk memastikan bahwa bangunan ini dapat mengembangkan hal-hal baru.

“Kami bergairah dengan pengembangan real estate yang berkelanjutan dan peran yang bisa menciptakan peningkatan hidup dan bekerja,” kata Oostrom.

“Kami ingin mendorong orang lain berbagi pola pikir yang sejalan dengan misi kami untuk melakukan perubahan sosial, ekonomi, dan lingkungan yang positif di kota-kota besar seluruh dunia.”

Sementara itu, Annemarie van Doorn, Direktur Green Building Council Belanda, mengapresiasi The Edge yang menurutnya bisa merangsang pembangunan gedung-gedung serupa.

Van Doorn mengatakan, saat ini setiap bangunan harus mengklasifikasi gedungnya agar sesuai dengan dampak lingkungan. Baginya, OVG telah menciptakan sebuah bangunan kantor teladan yang telah melampaui pengembang lain dan dinilai sukses oleh dunia.

  • Share