Prop2GO

We've something nice for you
Please wait...

Pasokan Apartemen di Jabodetabek Terus Bertambah

Pasokan Apartemen di Jabodetabek Terus Bertambah

Kondisi ini terjadi karena ada beberapa proyek yang awalnya diluncurkan tahun lalu mundur menjadi tahun ini. Sebanyak 18 proyek kondominium dan apartemen dikawasan Jabodetabek berimplikasi pada bertambahnya pasokan sebanyak 13.484 unit baru kepasar.

Angka tersebut meningkat 6,2% bila dibandingkan dengan total pasokan pada kuartal sebelumnya. kendati ada penambahan suplai, Cushman & Wakefield memprediksi pertumbuhan harga apartemen bakal cenderung stagnan.

Pada laporan sebelumnya, Cushman & Wakefield menyebutkan, harga sewa apartemen dan perkantoran pada kuartal iv/20117 cenderung turun, yakni masing-masing 0,21% dan 51%. Sebelumnya konsultan properti Colliers International menyoroti kelebihan pasokan dalam perkantoran dan apartemen di kawasan DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya yang dinilai dapat mengakibatkan dinamika pada sektor properti pada 2018. Data Colliers pada awal bulan ini menyebutkan, tahun ini pasokan apartemen akan bertambah seiring dengan tertundanya beberapa proyek yang seharusnya selesai pada 2017. 

Colliers memperkirakan, total pasokan apartemen sepanjang 2018-2020 diperkirakan mencapai 62.116 unit. Sebagai perbandingan, sepanjang tahun lalu pasokan apartemen di Jakarta mencapai 8.130 unit, terendah dalam tujuh tahun terakhir. Jumlah tersebut merupakan 38,4% dari total yang rencananya dibangun sebanyak 21.167 unit.                                                         

  • Share