Prop2GO

We've something nice for you
Please wait...

Tradisi Imlek ini cuma ada di Indonesia loh !!

Tradisi Imlek ini cuma ada di Indonesia loh !!

Prop2GO News - Tahun Baru China atau Imlek memiliki tradisi yang dilakukan turun menurun. Unitnya, tidak semua daerah di dunia atau bahkan di Indonesia Memiliki tradisi Imlek yang sama. Masyarakat Tionghoa yang lama bermukim disuatu tempat, meyerap budaya setempat dengan tradisi di China, sehingga melahirkan tradisi baru.

Tradisi imlek yang dilakukan di Indonesia saja diabadikan oleh kaum peranakan yang menganut Konghucu berupa sajian makanan mengandung santan seperti opor ayam dam lemper. Selain itu ada pula hidangan ikan jenis bandeng yang merupakan adaptasi Tionghoa di Jawa, yang di serap dari tradisi betawi. Konon katanya ukuran ikan bandeng yangdibawa calon menantu ke calon mertuanya bisa menentukan kelanjutan perjodohan.

Kue lapis legit yang banyak beredar saat imlek juga bukan tradisi Tionghoa asli. Kue ini merupakan resep khusu warisan nenek moyan saat bangsa Indonesia dijajah Belanda selama ratusan tahun. Resep lapis legit menggabungkan rempah khas Indonesia. Lapis legit, bolu "bergengsi" dan mahal yang tidak dapat dimakan setiap hari, maka pada kesempatan istimewa seperti Imlek, lapis legit menjadi kue lambang kemewahan.

Tak hanya makanan, sebenarnya ada tradisi berpakaian ala Tionghoa peranakan yang dilakukan sebelum orde baru, pada hari imlek para ibu-ibu dari keluarga peranakan memakai kebaya encim dengan kain pekalongan yang berwarna cerah untuk dipakai saat mengunjungi kerabat.

  • Share